For the Lastest News Sign up mobilsocial

Masjid Pertama Akan Berdiri di Sevilla Spanyol, Idenya Kanoute

Masjid

Masjid Pertama Akan Berdiri di Sevilla Spanyol, Idenya Kanoute

Sebelum menggagas pendirian masjid, Kanoute pernah menyediakan sebuah ruangan sebaagi musala di Sevilla, Spanyol, pada 2007.

Masjid Pertama Akan Berdiri di Sevilla Spanyol, Idenya Kanoute – Travel Tempo.co

Sabtu, 23 Mei 2020

Terpopuler

yang sedang dalam perbincangan…

atau cari berdasarkan hari

Font:

Arial
Roboto
Times
Verdana

Ukuran Font:

Ilustrasi masjid. REUTERS/Amr Abdallah Dalsh

TEMPO.CO, Jakarta – Sebuah akan dibangun di Sevilla, Spanyol. Masjid itu diketahui adalah yang pertama berdiri di Sevilla.

Rencana pembangunan masjid tersebut diusulkan oleh mantan pesepak bola Sevilla FC, Fred Oumar Kanoute. Dia berhasil mengumpulkan donasi sejumlah USD 1 juta atau sekitar Rp14,7 miliar melalui donasi daring. “Terima kasih dan semoga Allah membalas semua yang berpartisipasi,” tulis Kanoute melalui cuitan seperti dikutip Al Jazeera, Selasa, 19 Mei 2020.

Kanoute mulai berkampanye sejak satu tahun yang lalu di LaunchGood, sebuah platform urun dana (crowdfunding) yang berfokus pada komunitas muslim di seluruh dunia. Perkiraan biaya proyek pembangunan masjid itu mendekati 12 juta euro (Rp 193 miliar).

Kanoute menceritakan sebab dia menggagas pembangunan masjid di Sevilla. “Ketika saya tiba di sana (Sevilla), sangat sulit untuk menemukan masjid,” kata Kanoute yang memeluk agama Islam saat berusia 20 tahun itu. Kanoute adalah pesepak bola asal Mali.

Frederic Kanoute. REUTERS/Andrea Comas

Pada 2007, Kanoute menyediakan sebuah ruangan untuk musala di Sevilla. Namun musala itu hampir ditutup setelah kontrak tempat itu akan berakhir. Kanoute berharap musala itu bisa menjadi tempat salat untuk sementara, sebelum masjid berdiri.

Komunitas umat Islam di Sevilla terdiri atas berbagai campuran, antara lain muslim Spanyol generasi kedua, orang-orang dari Aljazair, Maroko, Senegal, dan Mali. Adapun Spanyol diperkirakan memiliki dua juta populasi umat Islam. Dari jumlah itu, sekitar 30 ribu jiwa di antaranya tinggal di Sevilla.

Seorang anggota Departemen Studi Arab dan Islam di Universitas Sevilla, Spanyol, Olga Torres mengatakan masjid yang digagas oleh Kanoute di Sevilla bakal menjadi tempat ibadah umat Islam yang pertama berdiri di sana. “Selama 800 tahun, tidak ada masjid yang dibangun di kota itu,” kata Torres.

Mengutip Lonely Planet, adalah pusat bersejarah yang memiliki katedral bergaya gotik. Keberadaan itu memadukan istana gaya arsitektur mudéjar, gereja, dan suasana abad pertengahan yang berliku.

AL JAZEERA | LONELY PLANET

Lihat Juga

Dua kue favorit masyarakat Indonesia saat lebaran adalah nastar dan kastangel. Waspada, dua kue itu punya tinggi kalori. Bagaimana kue-kue lain?

Tempo Media Group © 2017

Join mobilsocial social network mobilsocial This article source is Tempo Article is Masjid Pertama Akan Berdiri di Sevilla Spanyol, Idenya Kanoute

USA latest News | Canada latest News | Australia latest News

Social Network

accident attorney miami